https://pawitngafani167.blogspot.com/2023/03/persiapan-soal-osn-osp-dan-osk_16.html

Pentingnya Doa dalam Sholat

Belajar Mengevaluasi Diri (Flasback)

Ada banyak hal yang perlu dievaluasi dari selesai ambil data (Oktober) sampai saat ini (Januari)
1. Jangan Pernah Menyerah
Mungkin ini merupakan suatu faktor agar suatu saat akan selesai pada masanya. Belajar dari banyak hal (teman/kakak tingkat) agar kita bisa sidang/lulus maka maka kita harus semangat. Jangan salahkan apa yang terjadi sekarang. Bulan Oktober-Januari baru sampai pada pembuatan artikel. Biarlah itu menjadi jalanku, tapi harus punya niat untuk menyelesaikan study ini.
2. Jangan malas-malasan di kos
Inilah yang sedikit banyak mengganggu menggangguku. Hingga sering 1 minggu tanpa ada kemajuan apapun. Terlalu banyak malas2an di kos. Mulai dari novi, nofilm, main hp (fb, wa, blog,dsb) ataupun tidur2an karena merasa capek dengan ngelesi malam harinya. Mungkin solusi buat saya: 1) Main hp saat ttt dan penting saja. 2) Biasakan mandi pagi agar tubuh tetap fit dan selalu semangat. 3) Biasakan pergi ke kampus ngerjain skripsi atau main ke teman buat nyari saran/nasihat. 4)Rencanakan hari esok untu memperbaiki yang kurang dan tindak lanjut krmajuan sblmnya. 5) biasakan bangun malam untuk sholat tahajud dan puasa senin-kamis
3. Prioritas Kegiatan
Ini untuk mengkroscek diri kita seberapa jauh kemampuan kita. Tinggalkan sementara waktu hal-hal yang tidak berhubungan dgn pengerjaan skripsi. Ok.lah cukup ngerjain skripsi sambil ngelesi. Tapi, coba tunda dulu untuk kegiatan lain yg tidak perlu. Misal ingin buat bimbel, buat bisnis, dsb. Kesampingkan dulu kebutuhan di rumah. Percayalah Allah punya jalannya masing-masing.
4. Biaya print dan biaya hidup saat nyrkripsi
Kita tidak mungkin menyelesaikan skripsi tanpa dukungan financial. Walaupun les banyak menyita waktu, tenaga dan pikiran tapi adanya les sangat mendukung financilamu dalam mengerjakan skripsi. Apa jadinya jika kita siap bimbingan tetapi tidak bisa bayar print proposal bimbingan. Pastinya kita akan menunda  sampai ada uang yang cukup. Apa jadinya jika saat mengerjakan skripsi, kita masih diributkan dengan biaya makan sehari-hari. Dukungan financial itu penting untuk memunjang kita tetap eksis bimbingan.
5. Sumber/data skripsi teman
Jangan pernah sungkan untuk meminta contoh file skripsi/artikel/ppt dari teman yang sudah lulus. Agar kita punya gambaran penyusunan skripsi.

Komentar